**Pengertian Psikologi**
Psikologi menurut Wundt adalah ilmu tentang kesadaran manusia (the science of
human consciousness).
Menurut Woodworth dan Marquis, Psikologi ialah ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas dari individu, baik aktivitas kognitif, motorik, maupun emosional.
Branca mengemukakan bahwa Pengertian Psikologi merupakan ilmu tentang perilaku dan dalam hal ini menyangkut perilaku manusia.
Psikologi menurut Drever yaitu bidang metode atau pendekatan tertentu dalam mempelajari kondisi kejiwaan seseorang dalam melakukan aktivitasnya.
Kesimpulannya, psikologi merupakan ilmu yang membicarakan tentang jiwa itu sendiri
tidak nampak, maka yang dapat dilihat
atau diobsevasi ialah perilaku
atau aktivitas-aktivitas yang merupakan manifestasi atau penjelmaan kehidupan
jiwa. Oleh karena itu Psikologi
merupakan suatu ilmu yang meneliti serta mempelajari tentang perilaku atau
aktivitas-aktivitas dan perilaku serta aktivitas-aktivitas itu sebagai
manifestasi hidup kejiwaan. Perilaku dalam hal ini yaitu meliputi perilaku yang
nampak (overt behavior) dan juga perilaku yang tidak menampak (innert
behavior).
**Pengertian Manajemen**
Menurut Pendapat George R. Terry Pengertian
Manajemen adalah suatu proses
yang khas, dimana terdiri dari kegiatan pengorganisasian, perencanaan,
menggerakkan dan pengawasan yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai
sasaran yang telah ditetapkan dengan bantuan manusia dan sumber-sumber daya
lainnya.
Mary Parker Follet, Pengertian Manajemen ialah sebagai
seni untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang-orang. Pengertian manajemen
ini sangat sesuai dengan kenyataan yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari,
di mana para manajer tidak melakukan sendiri tugas-tugas yang harus
diselesaikanm tetapi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melakukannya.
James A.F. Stoner Mengemukakan bahwa, Pengertian Manajemen merupakan ilmu
dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengodinasian dan
pengawasan atas sumber daya, terutama sumber daya manusia dalam mencapai tujuan
organisasi yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Kesimpulannya, Manajemen adalah suatu ilmu dan seni.
Manajemen sebagai ilmu yaitu berfungsi menerangkan kejadian-kejadian,
gejala-gejala dan keadaan-keadaan yang ada. Sedangkan Manajemen sebagai seni
berfungsi mengajarkan kepada kita bagaimana melaksanakan sesuatu hal untuk
mencapai tujuan yang nyata-nyata mendatangkan hasil atau manfaat. Dalam hal ini
manajemen dilukiskan sebagai 5P,
yaitu Perencanaan, Pengarahan, Pengorganisasian, Pengoordinasian dan
Pengawasan. Kelima fungsi manajemen tersebut merupakan kunci bagi keberhasilan
suatu pemotivasian dan pengkomunikasian. Kedua fungsi ini, yaitu pengkomunikasian
dan pemotivasian akan menunjang (akselerator) keberhasilan lima fungsi
yang pertama.
2. Pengertian Organisasi
Menurut Chester Barnard, Pengertian Organisasi adalah
kumpulan orang-orang untuk melaksanakan suatu kegiatan yang memerlukan
adanya komunikasi, yaitu suatu hasrat dari sebagian anggotanya untuk mengambil
bagian dalam pencapaian tujuan bersama dengan anggota-anggota lainnya. Dalam
Hal ini Barnard menekankan pada peranan seseorang dalam organisasi, diantaranya
ada sebagian dari anggota yang harus diberi informasi atau dimotivasi dan
sebagian lainnya yang harus membuat keputusan.
Menurut Max Weber Pengertian Organisasi adalah Suatu kerangka
hubungan yang berstruktur yang di dalamnya berisi wewenang, tanggung jawab dan
pembagian kerja untuk menjalankan sesuatu fungsi tertentu.
Menurut Chester Barnard, Pengertian Organisasi ialah suatu sistem dari aktiva-aktiva orang yang teroordinasikan secara sadar atau kekuatan-kekuatan yang terdiri dari dua orang atau lebih.
Victor A. Thompson Mengemukakan, Pengertian Organisasi merupakan suatu integrasi dari sejumlah spesialis-spesialis yang bekerja sama sangat rasional dan impersonal untuk mencapai beberapa tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.
Menurut Richard Scott, Pengertian Organisasi ialah suatu kolektivitas yang sengaja dibentuk untuk mencapai suatu tujuan khusus tertentu yang sedikit banyak didasarkan pada asas kelangsungan.
Menurut Chester Barnard, Pengertian Organisasi ialah suatu sistem dari aktiva-aktiva orang yang teroordinasikan secara sadar atau kekuatan-kekuatan yang terdiri dari dua orang atau lebih.
Victor A. Thompson Mengemukakan, Pengertian Organisasi merupakan suatu integrasi dari sejumlah spesialis-spesialis yang bekerja sama sangat rasional dan impersonal untuk mencapai beberapa tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.
Menurut Richard Scott, Pengertian Organisasi ialah suatu kolektivitas yang sengaja dibentuk untuk mencapai suatu tujuan khusus tertentu yang sedikit banyak didasarkan pada asas kelangsungan.
#Ciri-ciri
organisasi:
– Mempunyai tujuan & sasaran
– Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
– Adanya kerja sama dari sekelompok orang
– Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang
**Kesimpulan**
Organisasi adalah kolektivitas orang-orang yang bekerja sama secara
sadar dan sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Kolektivitas tersebut
berbatas, berstruktur dan beridentitas yang dapat dibedakan dengan
kolektivitas-kolektivitas lainnya.
Daftar Pustaka :
- Prof. Dr. Bimo
Walgito, 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.
- Muhammad Firdaus, 2009. Manajemen
Agribisnis. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara: Jakarta.
- Miftah Thoha, 2005. Dimensi-Dimensi
Prima ILMU ADMINISTRASI NEGARA. Yang Menerbitkan PT Raja Grafindo Persada:
Jakarta.
0 komentar:
Posting Komentar